Waduk Tambakboyo, Waduk Cantik di Tengah Kota Yogya

Pernah mendengar nama Waduk Tambakboyo  ? Jika belum traveler bisa menjadikan waduk yang berada di dusun Tambakboyo Sleman sebagai alternatif wisata di kota Yogyakarta. Untuk mencapainya tidak terlalu sulit, dari perempatan jalan lingkar utara Kampus UPN Yogyakarta lurus ke utara sekitar 1 Km, ketika  sampai perumahan akan ada papan bertuliskan Waduk Tambakboyo.


Waduk ini berfungsi sebagai tampungan air untuk keperluan irigasi, namun karena keindahannya, banyak warga yang berkunjung untuk sekedar berwisata, jogging maupun bersepeda.


Untuk masuk lokasi ini sangat terjangkau, traveler yang menggunakan moda motor hanya  dikenakan tarif masuk Rp. 2.000,-.  Agar lebih indah, sebaiknya traveler pergi ke lokasi Tambakboyo di pagi hari. Airnya yang jernih memantulkan refleksi bangunan di sekitarnya. Bagi penghobi fotografi, waduk ini menjadi lokasi yang tepat buat hunting sunrise.


Jika tidak tertutup awan, kemegahan Gunung Merapi juga dapat kita lihat dari Waduk ini. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan waduk ini sebagai tempat untuk memancing ikan wader, nila dan sepat. Jadi tunggu apalagi, jika traveler datang ke Yogya, jangan lupa kunjungi Waduk Tambak Boyo. ( Andik Setiawan )