Sensasi Lari di Gunung Gilituri Magelang

Jika kebanyakan orang berlari di jalanan, cobalah sesekali berlari di Gunung. Selain mendapatkan badan yang fit dan prima, kita juga akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Kali ini, Gunung yang akan saya explore adalah Gunung Gilituri. Gunung ini bisa dikatagorikan Gunung Pendek dengan ketinggian kurang dari 2.000 Mdpl. Namun, kadang gunung yang tidak terlalu tinggi memiliki medan yang curam.

 Gunung Gilituri

Gunung yang merupakan tetangga dari Gunung Telomoyo ini terletak di Magelang. Untuk sampai ke atas puncak Gunung Gilituri dibutuhkan waktu tidak terlalu lama, kisaran 3-4  jam. Rute yang ditempuh memiliki medan yang beragam, mulai dari menyusuri kebun kopi, melewati hutan dan menaiki tanjakan yang curam. Sepanjang perjalanan kita bisa melihat kota Magelang dan Semarang dari ketinggian.

Untuk mencapai Gunung Gilituri, kita bisa melalui kota Magelang ataupun Ambarawa. Agar tidak terlalu jauh, saya mengambil start Desa Grabag, Kabupaten Magelang. Jarak dari  Desa Grabag  ke Gunung Gilituri adalah 21 Kilometer. Untuk medan yang lurus, mungkin jarak itu tidak terlalu jauh, tapi jika elevasi yang kita lewati hampir 1254 meter tentu medan ini bisa dibilang lumayan berat.

Suhu di Gunung Gilituri berkisar di kisaran 19 derajat celcius. Walaupun dipenuhi kabut, suhu di sini terbilang tidak terlalu dingin untuk ukuran suhu di Gunung. Saya sarankan menggunakan sepatu trail run untuk menghindari cedera selama berlari di gunung. Selain untuk menahan medan tanah yang licin, juga menghindari lecet kaki di medan berbatu.

Rawa pening dilihat dari puncak Gilituri

Sampai di atas puncak Gunung Gilituri kita bisa melihat Rawa Pening dari kejauhan. Hamparan kabut dan pesona keindahan kota Magelang juga bisa kita lihat dari sini. Perjalanan yang melelahkan akan terbayar ketika kita sudah di Puncak Gunung Gilituri