SAFFRON, Rempah Termahal di Dunia

Apa sih  saffron itu ? Ini dia. Ini dinamakan Bunga Crocus Sativu, nah saffron itu adalah tangkai putik bunganya. Setiap Bunga Crocus Sativu dia hanya memiliki 3 putik bunga. Kalo sudah mekar, dia harus segera dipetik, dan kalo orang kashmir panen itu mulai sepertiga malam akhir, shubuh sampai sebelum terbit matahari .


Bunga Crocus Sativu dengan 3 putik bunganya yang bernama Saffron

Kenapa begitu ? Karena cahaya matahari mempengaruhi kualitas dari tangkai bunga Saffron. Kalo setiap bunga cuman punya 3 tangkai putik bunga, makanya untuk dapat 1 kg saffron itu butuh 500.000 bunga dengan luas kebon seluas lapangan sepakbola.Dan di setiap putik bunga itu mengandung zat mahal nan ampuh  seperti picrocrocin, crocin, dan safranal. Tiga kandungan inilah yang menentukan rasa, aroma, dan warna yang dihasilkan saffron. Sampai disini paham kan, kenapa dia menjadi rempah termahal di dunia.

Pada saat pelantikan Donald Trump, suguhan pertama President of The United States adalah Lobster Maine dan Sauce Saffron. Raja Alexander juga menggunakan saffron untuk mengobati luka sang raja. Sedangkan Cleopatra menggunakan saffron untuk dibuat campuran air mandinya, agar kulitnya menjadi halus. Beda lagi dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang makan saffron dengan Risotto. Saffron telah dijadikan obat sejak ribuan tahun lalu bahkan sejak zaman perunggu. 

Kalo kata Sayyidina Ali RA, kalo kamu makan dua helai saffron tiap hari dicampur sama madu, kamu akan punya kecerdasan mengagumkan sampai dikira memiliki ilmu sihir.

Dalam riwayat hadis dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Bidadari yang bermata jeli diciptakan dari za'faran,". Hadis yang sejenis tersebut di atas juga diriwayatkan oleh Ath Thabrani.

Hadis lain yang diriwayatkan Abu Nu'aim yang berkata bahwa Rasulullah bersabda, "Sekiranya bidadari berludah di tujuh lautan bumi, pasti airnya berubah menjadi tawar karena saking tawarnya mulut bidadari surga tersebut. Bidadari surga yang bermata jelita diciptakan dari za'faraan,".

Diatas adalah bukti bahwa Saffron memang bunga yang mahal dan memiliki keistimewaan tersendiri. Saffron sendiri merupakan sebutan dalam bahasa inggris yang diambil dari istilah Perancis Kuno abad ke-12, yang berasal dari kata Latin safranum, Kalo orang Arab menyebutnya dalam bahasa Arab namanya za'farān, yang berasal dari kata Persia, zarparan yang berarti "bunga dengan kelopak emas". #RempahTermahalDiDunia


(Andik Setiawan)