Pulau Padar, Karibia di Nusa Tenggara Timur

Dulu pulau ini tidak ada yang mengenalnya, seiring waktu keindahan pulau ini mulai didengar, mulai artis sampai pembalap sekelas Valentino Rossi pun datang ke Pulau Padar.

Pulau Padar

Tidak berlebihan jika pembalap internasional dan petinggi negeri ini berbondong-bondong datang menikmati keindahan pulaunya. Nusa Tenggara Timur memang menyimpan banyak pesona keindahan laut yang luar biasa.

Pulau Padar

Padar Island adalah salah satu contoh dari pulau di kawasan Nusa Tenggara Timur yang layak ditandingkan dengan wisata alam kelas dunia. Lautnya yang sebening kaca menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan  lokal maupun mancanegara.

Diatas Puncak Pulau Padar

Untuk mencapai Pulau Padar, kita harus transit dulu di Labuan Bajo. Meski kotanya belum begitu maju, namun bandara Labuan Bajo bisa dibilang cukup keren. Penerbangan menuju Labuan Bajo bisa menggunakan dua alternatif, direct langsung dari Jakarta ataupun transit terlebih dahulu melalui Denpasar. Kebetulan, karena flight penuh saya mesti transit dulu di Denpasar dari Surabaya.

Pulau Padar

Mendarat di Labuan bajo, saya dijemput kawan yang bertugas disini. Dia memang bukan penduduk lokal bajo, namun karena dua tahun bertugas di bajo, dia memahami seluruh titik kawasan wisata di Bajo.

Pulau Padar

Kami mulai menyusuri pulau di kawasan Flores, lokasi pertama tentu, Padar Island. Menggunakan boat, perjalanan menuju Padar ditempuh kurun waktu 2 jam. Pemandangan sepanjang perjalanan tidak perlu diragukan lagi, rasanya ingin mengabadikan semua landscape yang ada. Pantas, jika tempat ini menjadi tempat berlibur orang-orang terkenal.

Pulau ini bisa diibaratkan sebagai Karibia-nya Indonesia. Kita patut berbangga, Allah menaruh pulau ini di bumi pertiwi, sehingga kini kita bisa menikmati keindahan pulaunya.

Pintu masuk Pulau Padar

Setelah 2 jam perjalanan sampailah kami di Pulau Padar, air laut hijau kebiru-biruan, dan ikan-ikan bergerombol di permukaan berada di sekitar dermaga. Untuk sampai diatas puncak, kami harus melalui jalur trekking ke puncak sekitar 2 Km. Meski keren, pulau ini tidak terlalu rame, beberapa saya menjumpai turis lokal dan mancanegara, mungkin karena lokasinya yang terbilang cukup jauh.


Setelah trekking selama 30 menit, sampailah kami diatas puncak pulau Padar. Gugusan pulau-pulau nampak sangat indah terlihat di atas puncak. Bebarapa bule juga berswafoto  bersama rekan se-negaranya.