Pemimpin Dunia Mana Yang Tak Datang ke Taj Mahal ?

Namaste !!

Hari kedua di India, saya bikin plan pergi ke bangunan paling simetris di muka bumi, apa itu ? pasti semua orang sudah tahu, yakni Taj Mahal. Taj Mahal yang namanya sangat terkenal di penjuru jagat raya. Coba pemimpin dunia mana yang datang ke India, terus gak dateng ke Taj Mahal. Tidak Mungkin !!

 Taj Mahal

Mulai Nelson Mandela, Vladimir Putin, Justin Tredue, Lady Diana, Angela Markle sampai yang mulia Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto pun dateng ke Taj Mahal. Nama Taj Mahal memang sangat mashur, sampai ibaratnya neh, bayi lahir procotpun bisa tahu Taj Mahal.

 

Padahal dulu hanya lihat di kalender, sekarang berdiri di depan Taj Mahal. Kuasa Allah SWT.

Dari hotel tempat saya menginap, saya berangkat pagi untuk mengejar moment di Taj Mahal. Taj Mahal terletak di Agra, kalo perjalanan dari New Delhi, butuh waktu 4 jam perjalanan darat. Saya bareng sama sopir saya namanya Kulwant, dia orang India dengan ahlak luar biasa. Tidak banyak ngomong dan santun.


Dia jemput saya di hotel jam 06.30 pagi kami naik mobil ertiga. Jalanan antar kota India relatif sepi, dan kebetulan pas winter, suhu di India saat itu sekitar 10 derajat celcius. Pas lah, sejuk dan sedikit berkabut. Setiap 1 jam perjalanan, kulwant berhenti di rest area, memberi kesempatan saya buat ngopi dan pergi ke toilet. Mungkin juga dia ngantuk ya.

Kopi di Rest Area

 

Rest area India cukup eksotis, minum kopinya hembok, pake gelas tanah liat, berasa hidup di jaman Indonesia era 70 an ha ha ha. Tapi kopinya enak.Setalah 4 jam berlalu, sopir saya bilang . Nanti di Taj Mahal, kamu butuh guide gak ? kata kulwant.

Saya sampaikan gak papa kalo harus ada guide. Sama si kulwant di telp nin guide temen dia. Kulwant bilang nanti kasih aja 500 rupee sekitar 100 ribuan. Tapi kok ya gak tega juga ngasih guide 100 ribu buat seharian.
Sudah dekat Taj Mahal datanglah si guide, namanya Prasad, dia orang Agra. Mulailah dia perkenalkan bla bla, intinya uang buat dia gak masalah, paling penting saya bisa tahu banyak Taj Mahal. Wah apikan tho.

 
Tempat bayar loket

 


Penjagaan masuk Taj Mahal

 


Kalo sampai Taj Mahal, kita mesti naik kayak mobil golf gitu menuju pintu gerbang. Dan ini gratis, bisa juga jalan, sekitar 1 Km. Banyak wisatawan dari berbagai negara memanfaatkan layanan mobil gratis ini. Bayar tiket masuk Taj Mahal 260 ribu rupiah. Penjagaannya ketat, pernak pernik penjagaannya kuno dan eksotis lho, yah mirip film-film India inspektur vijay.

 
Setelah proses check ricek kita mulai masuk.  Gak boleh bawa makanan, sepatupun mesti dikasi alas supaya nggak ngotorin lantai Taj Mahal. Jalan beberapa langkah kedepan, sampailah saya di tempat yang sejak.kecil saya liat di kalender.

Taj Mahal..... Luaarrr biasa. Bener-bener bikin mlongo . Saking terpesonanya, saya sampai bingung mau mulai dari mana, moto dulu atau video dulu.

Makam terbesar di muka bumi sekaligus makam paling indah sejagat. Saya pikir ini dulu bangunan hindu, ternyata makam raja muslim. Kalo teman-teman masuk di dalamnya ada 2 makam. Makam Shah Jahan dan makam Mumtaz Mahal. Dan paling mengagumkan di dalam dinding Taj Mahal terukir kalimat Asmaul Husna.

 

 Pintu masuk Taj Mahal, di dalam pintu masuk itulah makam Kaisar Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

 
Di dinding luar juga terdapat tulisan kaligrafi yang sangat indah. Taj mahal ini dibangun dari marbel terbaik di dunia  yang ada di Rajastan. Bangunan paling mewah saat inipun tidak dapat menyaingi Taj Mahal. Karena Taj Mahal selain dibuat dari marbel, di dalamnya itu, kalo teman-teman lihat ada 28 jenis batu mulia yang ditempel, mulai rubi, berlian dan jenis batu mulia lainnya. Taj mahal sendiri ditaksir dengan kurs  hari ini setara dengan 32 juta rupee atau lebih dari 1 triliun rupiah. Nilai yang sangat fantastis untuk sebuah makam. Bahkan makam Ratu Elizabeth I sama Ratu Victoria-pun tidak memakan biaya sebesar itu. Butuh 22 tahun untuk membangun bangunan super megah ini dengan mengerahkan 21 ribu pegawai dan 1000 gajah.

Oh ya di Taj Mahal ini ada kursi paling legend di muka bumi ha ha. Kenapa begitu ? ya , karena di kursi ini ribuan mahluk duduk, mulai dari rakyat, artis sampai pemimpin negara terkemuka di dunia. Untuk foto di kursi ini mesti ngantri, yah maklum lah, saya kan bukan pangeran William, yang kalo pergi kemana-mana di kawal dan tinggal duduk santai kayak di pantai ha ha. Biasanya antri sampe 1-2 jam. Saya lumayan beruntung sih ,mungkin 15 menit doang.

Taj mahal juga bisa berubah-ubah warna. Kalo pagi orange, agak siangan dikit putih mutiara dan sore bisa jadi pink, bahkan kalo pas super moon bisa berwarna gold. Tahu kenapa sebabnya ? Karena Taj Mahal benar-benar dibangun dari marmer putih terbaik di muka bumi.

 
Masjid Taj Mahal



Makanya kalo beli oleh-oleh Taj mahal very very expensive kalo yang asli dari marbel, kecuali panjenengan beli yang plastik baru murah ha ha ha. Hampir setengah hari mengamati Taj Mahal, masih excited. Taj Mahal kalo hari jum’at ditutup untuk umum. Nah di sebelah kiri Taj Mahal itu ada Masjid Taj Mahal, teman-teman kalo ada kesempatan mengunjungi Taj Mahal, dapat melaksakan sholat disini. Adzan di masjid ini pun gak terlalu kencang kayak di masjid Indonesia.

Calon Taj Mahal

 

Di belakang Taj Mahal itu ada Sungai Yamuna. Sungai terbesar kedua di India setelah sungai gangga. Nah disebelahnya itu ada “calon Taj Mahal “ kenapa disebut calon, karena dulunya sama Kaisar Shah Jahan akan dibuat menyerupai Taj Mahal, namun belum kesampaian , sang Kaisar pun lengser. Jadi sekarang hanya ada beberapa puing bangunan yang belum jadi.

Sebetulnya pengen banget menikmati sunset di Taj Mahal, karena pasti buagusss banget, namun lagi-lagi saya mesti berkejaran dengan waktu balik. Agra New Delhi butuh waktu 4 jam-an, jadi saya keluar dari kota Agra sekitar jam 1 siang dan sampai di New Delhi menjelang maghrib. Saya mesti menyimpan tenaga, buat perjalanan besok yang merupakan tujuan utama, yakni ke lembah Kashmir di tepian Gunung Himalaya. Sebetulnya inilah tujuan saya main ke India. Yakni ke Masjid Hazratbal di Srinagar, Kashmir. Disini ada rambut Baginda Nabi Muhammad SAW. Jadi meski main-main ya tetap nyari barokah, biar hidupnya juga jadi berkah .

(BERSAMBUNG)