Mount Washington, Salah Satu Gunung Paling Berbahaya di Dunia #Part4

Perjalanan selanjutnya, Mount Washington, seperti sudah saya sampaikan di part akhir bagian #CeritaAmerika part 3 bahwa Gunung ini terletak di Newhampshire dan merupakan salah satu dari 5 Gunung paling berbahaya di dunia. Perjalanan menuju Mount Washington melewati Newhampshire yang merupakan negara bagian (state) Amerika. Kalo di Indonesia, state ini ibarat propinsinya gitu.

Butuh waktu 2 jam untuk sampai di Newhampshire, yang namanya jalanan di Amerika gak ada bosennya, mungkin karena pertama kali buat saya explore Amerika, jadi segala sesuatu berbau United States of Amerika sepertinya selalu menarik. Di tengah perjalanan saya berhenti di rest area. Bicara tentang rest area, banyak hal menarik, selain kaos dan souvenir beberapa wine mewah juga dijual, untuk barang-barangnya pun bagus dan  rapi.

Mobil-mobil yang bersliweran, dari pantauan mata mulai Ferrari sampai sekelas Limousine hitam berplat JEFF,  saya temui sepanjang perjalanan.

Di sebelah kiri jalan sebelum menuju Mount Washington terdapat sebuah danau, agak surprise juga sebetulnya bisa nemu danau di pinggiran kota Amerika, tampilannya sih mirip telaga Sarangan Madiun, cuman danau ini cenderung sepi, hanya nampak beberapa orang bule yang menggunakan canoe di danau tersebut.


Saya tidak lama di danau tersebut karena mengejar sunset di Mount Washington, setelah melampaui 2 jam perjalanan sampailah di kaki Gunung Washington, untuk naik sampai puncak dengan pemandangan indah, kita mesti naik kereta tua. Namun sayang, setelah ngobrol dengan beberapa petugas disana, bahwa kereta telah ditutup pada pukul 15.30 waktu setempat, alias saya terlambat datang, dan itu kereta terakhir, jika ingin naik saya harus kembali keesokan harinya.

Meski agak kecewa, cuman berada di kaki Mount Washington sudah menarik untuk foto-foto, apalagi cuaca di kaki Gunung tersebut lumayan sejuk, jika bulan Januari sampai dengan Februari di gunung ini semuanya tertutup salju dan dilarang mendaki ke atas, karena pada bulan-bulan tersebut sering terjadi badai salju, itu kenapa setelah saya baca dari beberapa sumber, gunung ini dinobatkan menjadi gunung paling berbahaya ketika musim salju datang. Suhu yang terlampau dingin diatas puncak kerap memakan korban jiwa.

Menjelang sore saya melanjutkan perjalanan balik menuju Massachusset. di perjalanan berhenti di beberapa store yang bisa dibilang sangat unik, karena mereka membuat tokoh-tokoh animasi, dengan menggunakan barang-barang bekas dari logam. Bagus sih, bagus banget malahan dan sangat kreatif. Sebenernya, pergi ke pinggiran Amerika seperti Newhampshire ini menurut saya lebih menarik ketimbang harus pergi ke negara bagian seperti DC, New York atau yang lain, mungkin juga karena saya tidak terlalu suka keramaian.

Banyak spot-spot vintage yang bisa kita nikmati ketika berada di pinggiran Amerika, seperti hotel berikut, jadi hotel ini dikelilingi beberapa gunung dengan hamparan pemandangan yang hijau, dan hotel ini saja yang berwana merah mencolok, sangat indah.

Percaya deh, jika kalian kelak diberi kesempatan ke negeri Uncle Sam, pergilah ke pinggiran Amerika yang justru jarang dikenal orang, karena bisa jadi sesuatu yang unik dan menarik, meski kita juga tetap harus ke lokasi-lokasi mainstream seperti Empire States, Capitol Building, Liberty maupun White House, cuman sisakan waktu buat traveling ke state yang justru tidak diagendakan oleh itinerary tour travel, dan itu harus berpetualang sendiri. (BERSAMBUNG)