Mencicipi Keju Terbaik Dunia di Volendam

Berbicara tentang keju, tentu tidak bisa lepas dari Belanda. Negara bergelar Negeri Kincir Angin ini merupakan negara penghasil keju terbaik di dunia, salah satunya berada di kota Volendam. Berangkat dari Amsterdam saya menuju kota pelabuhan Volendam untuk mencicipi  keju terbaik.

Cheese Factory

Volendam sendiri terletak sekitar 20Km dari Amsterdam. Menggunakan Bus, perjalanan dari Amsterdam ke Volendam saya tempuh 1 jam perjalanan. Suhu di Belanda di kisaran 10 derajat Celcius, cukup dingin jika dibandingkan dengan Indonesia.

Volendam

Karena letaknya berada di bibir pantai, angin di Volendam bertiup cukup kencang. Untuk sebuah kota, tempat ini relatif tenang dari hiruk pikuk keramaian. Mayoritas penduduk Volendam sebenarnya berprofesi sebagai nelayan, tapi entah kenapa kota ini terkenal dengan kejunya.

Saya mulai masuk ke gerai-gerai keju yang berjajar di kota Volendam. Tidak seperti keju yang ada di Indonesia yang relatif kecil bentuknya. Keju Volendam dapat kita temui mulai ukuran paling kecil sampai paling besar semuanya ada, dengan bentuk dan bungkus yang rapi.

Keju Gouda

Keju-keju ini diolah dari susu sapi Belanda terbaik, jika kita masuk ke gerai didalamnya, aroma sedap bau keju sangat menggoda hati untuk segera mencicipi. Untuk harga sendiri terbilang relatif, untuk keju terbaik Gouda misalnya ukuran kecil dibandrol dengan harga 8,95 Euro atau sekitar 130 ribu rupiah. Harga yang sebanding untuk sebuah keju dengan rasa terbaik di dunia. Jika traveller semuanya, nanti berkesempatan pergi ke Belanda juga, jangan lupa pulang bawa oleh-oleh keju Belanda.