Melihat Kota Brazil di Tana Toraja

 

Untuk melihat patung Yesus, traveler tidak perlu jauh-jauh pergi ke Brazil. Indonesia punya Patung Yesus Raksasa yang merupakan ikon dari kota Makale Tana Toraja. Patung yang diresmikan pada tahun 2015 ini konon di klaim sebagai yang tertinggi di dunia, bahkan mengalahkan Patung yang ada di Rio de Jeneiro Brazil yang sudah lebih dulu terkenal.


Patung ini tepatnya terletak di sebuah bukit namanya Puncak Buntu Burake, Makale Tana Toraja. Untuk mencapai lokasi ini, saya menempuh perjalanan darat 7 jam dari Makasar menuju Toraja. Jika menyebut nama Toraja, hampir seluruh dunia mengenalnya. Tana Toraja dengan bangunan rumahnya yang begitu ikonik dan tradisi ma’nene yang sudah amat dikenal dunia, menjadikan Toraja sebagai tujuan lokasi wisata idaman traveler.


Sampai di Toraja, untuk sampai ke Bukit Burake, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Jalan menuju lokasi tidak terlalu lebar, dan belum mulus seperti seperti jalan raya pada umumnya. Dari alun-alun Makale patung ini sebenarnya sudah terlihat terlihat , tapi  untuk melihat lebih detail saya langsung datang ke lokasi. Menaiki ratusan anak tangga kita akan sampai di Puncak Burake.

 

Tinggi patung Yesus  ini setinggi 40 meter. Dari atas puncak kita juga bisa melihat kota Tana Toraja dengan rumah adatnya yang sangat khas. Walaupun tempat ini merupakan wisata religi kawan-kawan nasrani, namun banyak juga wisatawan yang datang kesini hanya untuk selfie atau mengabadikan momen keindahan Tana Toraja dari puncak. (Andik Setiawan)