Masjid Ku'u Tempat Sholat Baginda Nabi di Taif

Di Mekkah pernah turun salju  akhir desember 2016 lalu, karena rasa penasaran itu saya berkunjung ke dataran tinggi ini. Tempat ini memang kurang begitu popular di kalangan jamaah umroh, karena jarang ada yang menawarkan rute ke Taif. Untuk mencapai Taif saya menyewa mobil keluaran eropa GMC seharga 650 riyal atau sekitar 900 ribu.

Masjid Ku'u di Taif

Taif merupakan kawasan dataran tinggi di Mekkah, untuk mencapainya kita butuh waktu 2 jam perjalanan darat dari kota Mekkah  menuju Taif. Berbeda dengan Mekkah yang punya suhu rata-rata 40 derajat celcius, di Taif kita bisa menikmati Arab dengan suhu Eropa, karena disini sejuk dan dingin.

Tumbuhan hijau pun banyak kita temui di Kota Taif karena tanahnya yang bisa dibilang cukup Subur. Sepanjang perjalanan menuju kota Taif kita juga akan disuguhkan jalanan berliku yang indah dengan infrastruktur jalan yang cukup bagus.

Di tengah perjalanan kita bisa berhenti di puncaknya, kita bisa melihat Gondola diatas kota Taif, beberapa traveler berfoto disini, dari sini pula kita bisa melihat dataran tinggi Taif yang begitu Indah.

Selain kelebihan diatas, ada hal utama di daerah Taif, yakni Masjid Ku’u Taif. Masjid ini sangat bersejarah meski kurang begitu terawat, karena pertama kali baginda Nabi Muhammad SAW berkunjung ke kota Taif beliau melakukan sholat di Masjid ini. Namun, sambutan rakyat Taif kala itu kurang begitu baik, mereka melempari Baginda Nabi Muhammad SAW dengan batu.

Batu-batu itu menggntung diatas

Pada saat masyarakat Taif melempari Rosululloh dengan batu, turunlah malaikat penjaga Gunung Taif yang meminta ijin kepada Baginda Nabi untuk membantingkan Gunung Taif ke Masyarakat Taif yang melempari baginda Nabi dengan Batu, namun oleh Baginda Nabi tidak diijinkan, sehingga batu itu menggantung sampai hari ini.

Jadi jika Traveler pergi ke kota Taif, di sebelah Masjid Taif sampai saat ini terdapat batu-batu yang menggantung yang tidak akan pernah jatuh sampai akhir jaman nanti, menarik bukan/AndikSetiawan Salman Al Farisi