Main ke Sleeping Budha di Thailand

Jika pergi ke Thailand, sempatkan mampir ke Wat Pho yang merupakan candi Budha tertua dan terbesar di Bangkok. Kuil ini termasuk yang paling sering dikunjungi wisatawan karena di dalamnya terdapat patung Budha raksasa dalam posisi tidur. Wajah patung Budha ini miring ke kanan, tubuhnya dilapisi emas murni dengan ukuran panjang 46m dan tinggi 15m. Bagian bawah kaki Sang Budha tampak dihiasi dengan 108 adegan keberuntungan dalam gaya Cina dan India.

Sleeping Budha

Untuk masuk di Wat Pho kita mesti merogoh kocek 50 Baht atau sekitar 19 ribu rupiah. Kawasan ini cukup ramai dengan wisatawan dari berbagai negara. Arsitektur Wat Pho dan Sleeping Budha sangat indah dibingkai dalam balutan fotografi.

Jam kunjungan wisatawan ke Wat Pho dari jam 08.00 pagi sampai jam 17.00 sore. Wat Pho sendiri merupakan bangunan karya abad ke-17, dulu tempat ini dikenal sebagai tempat lahirnya pijat tradisional Thailand yang terkenal. Sebelum  candi ini berdiri, tempat ini dulu dipakai sebagai pusat belajar pengobatan tradisional Thai. Jadi tak heran jika banyak dijumpai patung Budha dengan posisi yoga.

Pada salah satu vihara kecil di dalam kawasan kuil ini, tampak berjajar gambar anatomi tubuh manusia yang ditulis di atas batu, dilengkapi penjelasan teknik-teknik pijat pengobatan tradisional Thai.

Wat Pho

Masih di dalam komplek Wat Pho juga terdapat biara biksu Budha yang disebut dengan Tukgawee. Selain sebagai tempat persembahan, vihara ini juga berfungsi sebagai sekolah. Di sinilah para biksu biasa berkumpul dan berdoa, biasanya pada pagi dan sore hari.

Bandara Suvarnabhumi Thailand

Jika traveler mau melanjutkan perjalanan dan berbelanja. Pasar chatuchak bisa menjadi penutup rangkaian traveling ke Thailand. (Andik Setiawan)