Kota Tertua di Dunia itu bernama Jericho

Jika ada yang bertanya kota tertua di dunia apa ? mungkin ada beberapa orang yang menjawab Mesir, Damaskus, Syiria atauapun Yunani, namun tahukah kita bahwa kota yang berumur paling tua di dunia adalah Jericho.

Kota yang relatif kecil  berada  dekat sungai Yordan di tepi barat ini menurut beberapa sumber arkeolog telah ditemukan pemukiman tempat tinggal manusia sejak 11.000 tahun yang lalu.

Di beberapa titik lokasi di Jericho juga terdapat tulisan The Oldest City of The World. Beberapa runtuhan bangunan ribuan tahun lalu dapat kita lihat di kota ini. Selain menjadi kota tertua, Jericho juga menjadi kota yang terletak paling rendah di dunia, yakni berada di 1300 meter di bawah permukaan laut.


Di Jericho saya mengunjungi Tell Es Sultan yang menjadi situs kuno peninggalan kota Jericho. Dulu saya mengira kota tertua adalah Mesir, ternyata kota kecil dengan penduduk kurang lebih 20.000 jiwa yang terletak di Palestina ini  paling banyak di klaim sebagai kota tertua di dunia.

Secara tampilan, kota ini memang terlihat tua, beberapa bangunan nampak kuno dan tidak terawat. Tidak banyak yang saya lakukan di sini, selain hanya untuk transit makan di salah satu resto sebelum melanjutkan perjalanan ke Allenby border negara Israel dan Palestina.


Sebelum meninggalkan Jericho, sempatkan untuk berfoto di sebuah air mancur yang konon, air tersebut telah berumur ribuan tahun yang lalu dan mengalir hingga kini. Beberapa turis menyakini, bahwa air tersebut membawa hoki, maka jangan heran jika ada beberapa turis yang mencuci muka atau tangan bahkan meminum air mancur tersebut (Andik Setiawan)