Kenapa Pashmina Kashmir Mahal ? Dan Cara Bedain Pashmina Goat Asli dan Palsu

Tidak banyak yang tahu arti pashmina. Setiap kain kotak panjang disebut pashmina, ini salah kaprah. Mari kita luruskan, dinamakan pashmina itu kalo terbuat dari pashmina goat atau kambing changtangi. Kambing changtangi hidup di wilayah Kashmir pegunungan Himalaya. Kambing ? Ya, kambing. Tapi kok bisa mahal banget? Iya karena seekor kambing kashmir tidak bisa memproduksi banyak. Kita hanya bisa ‘memanen’ serat kashmir setahun sekali.

Kambing Pasmina Himalaya

Serat kashmir didapat dengan mengkombinasikan lapisan bulu kepala yang rontok per tahun. Kita bisa mendapat enam sampai delapan ons, tapi ketika diproses, kita hanya akan mendapat tak lebih dari empat ons. Bulu lapisan kepala dan lapisan dalam adalah lapisan yang paling dekat dengan kulit si kambing, dan harus dipisahkan dari lapisan luarnya. Bayangkan saja, butuh empat ekor kambing untuk membuat 10 pashmina.

Pure colour pashmina

Sumber kahsmir sangat terbatas, hanya ada segelintir produsen kashmir di dunia. Karena kelangkaannya itulah harga kashmir menjadi mahal. Bagian terbaik yang merontokkan banyak bulu biasanya ada di bagian tengah-belakang atau punggung kambing. Standar kualitas kashmir haruslah lembut. Dibawah mikroskop, serat kashmir memiliki diameter kurang dari 18,5 mikron. Kahsmir tidak bertekstur lurus, melainkan bergelombang.

light brown pasmina colour

Hati-hati membeli kashmir yang harganya terlalu murah. Kashmir asli tidak berkilau, tidak mencuat atau menusuk kulit saat disentuh, dan tidak kaku. Kashmir yang asli‘jatuh’ dan ngepas dengan baik saat dikenakan ke badan.


Jadi sekarang teman-teman sudah tahu, kenapa pashmina Kashmir sangat mahal di pasaran. Bahkan harga tertinggi sebuah pashmina, dilansir di Bloomberg.com sampai mencapai 200.000 USD. Pashmina Kashmir juga menjadi simbol kemewahan dan telah mendunia sampai memenuhi butik-butik kelas kakap di Paris.

Nah kalo butuh pasmina goat yang asli dari kashmir, visit instagram @lembahkashmir atau @andikset . disitu semua pasmina goatnya langsung dikirim dari lembah kashmir, India.