Jika Jordan punya Petra, Indonesia punya Goa Cermin

Selama ini jika kita berkunjung ke Labuan Bajo, yang paling dikenal adalah pulau-pulaunya yang indah seperti Pulau Komodo, Pulau Padar, Rinca maupun Kanawa. Padahal sebenarnya di Labuan Bajo sendiri terdapat sebuah goa cantik yang layak disebut sebagai Petra-nya Indonesia. Goa berumur ribuan tahun ini tidak begitu dikenal, namanya Goa Cermin.

 

Jika kita mendarat ke Labuan Bajo, hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai di Goa Cermin. Untuk masuk kita akan dikenakan biaya  sebesar Rp. 10.000 per orang. Di depan pintu kita akan mulai disapa tanaman bambu-bambu khas Indonesia.

Goa ini bisa dibilang cukup sepi pengunjung, kalo pun ada bisa dihitung dengan jari, dan itupun rata-rata wisatawan asing baik dari  Jepang, Australia maupun Perancis.

Dari Arsitektur Goa nya sudah nampak jika Goa ini berumur puluhan ribu tahun yang lalu. Tekukan dan patahan setiap dinding goanya sangat menarik, layaknya Petra di Jordania, yang membedakan adalah warna dinding goanya yang cenderung berwarna hijau dan kehitam-hitaman.

Jika traveler ingin masuk ke dalam goa, di depan pintu sudah disediakan topi pelindung dan senter sebagai cahaya penerang di dalam goa. Ada juga pemandu lokal yang siap mengantar traveler untuk keliling masuk di dalam Goa. Kenapa dinamakan Goa Cermin ?  karena jika masuk ke dalam goa ada pantulan cahaya layaknya sebuah cermin yang memantul dengan Indah menyinari stalagtit yang berada di dinding-dinding goa. Jadi kalo ke Labuan Bajo, pastikan Goa Cermin jadi itinerary wajib yang harus kalian kunjungi untuk menambah koleksi foto kalian.