Jalan-jalan ke Kampus Terbaik Sejagat

 

Semua orang bisa jadi memimpikan tempat sekolah terbaik untuk pendidikannya, karena dengan pendidikan juga merupakan jembatan untuk mewujudkan cita-citanya. Jika berbicara tentang kampus, tentu semua orang pernah mendengar kampus Harvard di Cambridge, Amerika Serikat. Meski tidak untuk sekolah, jalan-jalan ke kampus Harvard bisa menjadi pilihan ketika kamu pergi Travelling ke Amerika.

Harvard Business School, Cambridge, Amerika Serikat

Ratusan universitas terdapat di wilayah Cambridge, Amerika Serikat. Letak kota ini sendiri terletak di seberang Boston, Massachusset. Kebetulan saya berlari menuju Cambridge dari Massachusets, jika saya lihat, jarak tempuhnya sekitar 13 Km. Sepanjang perjalanan menuju kampus Harvard kita akan melewati Charles River yang indah dan Jembatan Harvard yang menghubungkan Cambridge dan Massachussets dengan bangunan-bagunan dan gereja tua .

Kampus Harvard

Kampus Harvard didirikan 8 september 1636 ,selain menyandang kampus terbaik sejagat juga merupakan salah satu universitas tertua di Amerika Serikat. Dihimpun dari berbagai sumber, kampus ini awalnya bernama New College, dan diberi nama ulang menjadi Harvard College tahun 13 maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya yakni John Harvard yang juga merupakan salah satu mahasiswa di Universitas Cambridge. Maka jangan heran, jika di dalam kampus Harvard juga terdapat patung John Harvard yang ramai dikunjungi wisatawan hingga kini.

Patung John Harvard

Berkembang banyak mitos, bahwa berfoto di Patung John Harvard dan memegang sepatunya, kelak keturunan kita bisa bersekolah di Harvard. Meski begitu, sesungguhnya tidak ada yang tahu persis bagaimana wajah Harvard yang asli, patung yang ada hingga kini merupakan karya desainer Daniel Chester French yang menggaet mahasiswa yang dianggap paling tampan di Harvard sebagai modelnya.

Kampus Harvard

Berbicara arsitektur, kampus dengan luas hampir 85 ha ini sangat asri dan ditopang dengan arsitektur kuno di tiap sudut bangunan dan pintunya. Ada 26 gerbang besar berdiri megah untuk masuk ke mantan kampus presiden Obama ini. Saking luasnya kadang kita dibuat bingung antara gerbang yang satu dengan yang lain. Selain namanya yang mendunia, kampus ini juga memiliki perpustakaan terluas kedua dan terlengkap di dunia.

Stadium Harvard

Yang tidak kalah menarik adalah stadium Harvardnya, berada di dekat Harvard Business School, stadium ini menjadi tempat mahasiswa Harvard berolahraga baik berlari maupun menaiki tangga dari atas ke bawah. Di tengah lapangan stadium terdapat tulisan raksasa, bertuliskan Harvard juga genic buat foto. Berbicara tentang Harvard tidak akan pernah habis, kampus dengan alumnus paling sukses sejagat seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg bahkan beberapa diantaranya menjadi pemimpin dunia seperti Obama pernah mengenyam pendidikan di kampus yang lebih layak disebut sebagai Istana ketimbang sebagai kampus, karena setiap sudutnya menyajikan pemandangan dan arsitektur yang menawan, jadi kalo berkunjung ke Amerika, pastikan Harvard masuk ke itinerary Travellingmu. (Andik Setiawan)