Buah ini pernah disebut oleh Allah dalam Al Quran

Jika sudah disebut sama Allah Swt tentu buah ini punya maqom tersendiri, alasan itu yang bikin saya nanam buah tin di sekitar rumah. Tidak banyak kita temui buah tin di pasar, seperti kita nemu buah jeruk maupun buah mangga. Kalaupun ada, tentu harganya mahal. Untuk 1 Kg buah tin dipasang harga 900 ribu rupiah.

Buah Tin yang masak di Pohon

Buah tin ini asalnya dari negeri Arab ribuan tahun yang lalu. Rasanya sangat manis dan tidak memiliki biji. Menurut baginda Nabi, buah ini selain manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai wasir sampai dengan rematik. Mengacu hadits berikut,

Abu Darda radhiallahu’anhu  meriwayatkan bahwa Nabi bersabda :

“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Sebab, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok (dituturkan oleh Ibnu Qoyyim dalam Zaadul Ma’aad)

Buah Tin

Jenis buah tin bermacam-macam. Buah tin termahal yaitu jenis Martin Rimada 900 ribu, Panache kisaran 300 ribuan, Black Madeira dan Turkey Black kisaran 200 ribuan, AlbarComuna dan Negrone kisaran 180 ribuan, Conadria dan Black Iscia 170 ribuan, Blue Giant 160 ribuan, Red Palestina, Black Genoa kisaran 150 ribuan, Red Libya kisaran 145 ribuan, Calymira kisaran 120 ribuan, Brown Turkey dan Green Jordan kisaran 88 ribuan.

Tanaman buah tin yang masih terbilang langka diantaranya Turkey Black, Black Madeira dan Martin Rimada.

Perlu teman-teman ketahui bahwa sudah saya paparkan diatas setiap jenis buah tin memiliki harga dan citarasa yang berbeda-beda. Oleh karena itu jika teman-teman ingin menanamnya, saya sarankan agar mencoba berbagai jenis buah tin, agar hasil panennya bisa beragam. Serta teman-teman perlu memperhatikan jenis buah tin yang sesuai dengan kondisi iklim yang ada di daerah teman-teman agar hasil panennya bisa maksimal. Selamat Mencoba !!