Black Sapote, Buah Langka dengan Rasa Coklat Swiss

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui mengenai tanaman ini, buah Black Sapote Jumbo. Buah yang berasal dari Mexico Timur, Amerika Tengah dan Columbia ini memang terbilang langka untuk Indonesia. Makanya kalo mau menikmati buah yang lezat kayak makan coklat Swiss ini, kita mesti menanam sendiri di kebun atau halaman rumah.

Black Sapote 

Harga bibitnya tergolong mahal. Untuk ukuran kecil, 1 meter dibanderol dengan harga 3 juta rupiah, namun dengan harga tersebut, buah ini memang layak beli, karena memiliki citarasa luar biasa.

Black Sapote Jumbo jika sudah masak memiliki berat 1Kg sampai 2Kg, meski di luarnya berwarna hijau, di dalamnya seperti yang pangeran adventure sampaikan diatas, buahnya berwarna hitam kayak makan coklat. Buah ini bisa dimakan langsung, bisa juga dibuat campuran es krim atau roti sehingga kayak makan roti selai coklat. Namun, orang-orang Amerika doyan mengkonsumsi langsung buah coklat hitam ini.

Black Sapote 

Selain di Amerika dan Mexico buah ini juga tersebar sampai Florida dan Australia. Buah dengan nama ilmiah Diospyros Digina susah ditemui di supermarket Indonesia. Kalopun ada, mungkin petani tanaman langka yang menjualnya. Harga 1 buahnya pun bisa dibilang fantastis. 

Black Sapote 

Selain lezat, buah ini juga kaya akan gizi serta manfaat bagi kesehatan, diantaranya sebagai obat insomnia, meningkatkan penglihatan, mengobati masalah pernafasan dan sebagai sumber energi pencahar alami. Dari sederet manfaat diatas, sudah selayaknya kita menanam si buah langka dengan citarasa coklat luar biasa ini. Mari menanam Sapote !!