Batu Caves, Ada Patung Hindu Tertinggi di Dunia

Malaysia memiliki tempat ibadah suci bagi orang Hindu, namanya Batu Caves. Butuh waktu 1 jam perjalanan untuk sampai di Batu Caves dari Kuala Lumpur. Kebetulan saya menyewa mobil, jadi memanfaatkan moment transit di beberapa tempat.

 Patung Murugan di Batu Caves

Awal sampai di sini kita akan disambut sebuh patung dewa Hindu yang sangat megah. Konon patung Murugan ini merupakan patung dewa Hindu yang tertinggi di dunia.

Ratusan anak tangga 272 anak tangga

Di belakang patung Murugan terdapat ratusan anak tangga menuju Gua. Terdapat 3 gua utama dan satu gua kecil. Kita bisa masuk di dalamnya, namun saya memilih tidak masuk karena ruangnya cukup sempit. Saya hanya mencoba menaiki ratusan anak tangga menuju ke atas puncak Gua. Informasi yang saya dapat, jumlah anak tangga ini sebanyak 272 anak tangga. Cukup lumayan jika kita naiknya sambil berlari.

Sepanjang perjalanan menaiki 272 tangga saya banyak menemukan  monyet berkeliaran bebas. Jika membawa barang bawaan, kita mesti berhati-hati disamber monyet.

Di Batu Caves banyak dijual juga souvenir dan pernak-pernik oleh-oleh jika ingin dijadikan buah tangan sewaktu pulang ke tanah air.

Dari sudut pandang fotografi, tempat ini keren namun kotor. Di bagian pintu masuk, banyak orang memberi makan ratusan burung dara yang terbang liar. Moment moment seperti ini tentu sangat ditunggu oleh seorang traveler yang juga fotografer.